25 Juni 2009

Bersaing Dagang Pulsa dengan Dalih Promo Liburan

LIBURAN sekolah memang baru mulai, tapi bukan berarti aktivitas komunikasi ikut libur. Para operator telepon seluler justru jorjoran menggelar promosi untuk memeriahkan suasana liburan. Para pelanggan bisa memilih game, chatting, atau mendapat tarif menarik. Para operator mengklaim program promosi liburan kali ini bersifat menghibur, mendidik, hingga memberi panduan bagi pelanggan.

Bicara soal tarif bicara maupun tarif SMS, para operator sudah memasang tarif baru jauh sebelum liburan datang. PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL), ambil contoh, sudah meluncurkan tarif Rp 0,01 untuk panggilan telepon, mengirim SMS, serta koneksi general packet radio service (GPRS) bagi pelanggan prabayar mereka.

Begitu pula dengan PT Indosat Tbk yang pada awal Juni lalu merilis program promosi Obral Obrol bertarif Rp 1.000 untuk telepon selama satu jam. Obral Obrol bisa dinikmati oleh
pelanggan Mentari dan IM3. Tentu Indosat berharap para pelanggan semakin sering menggunakan ponsel untuk mengobrol atau mengirim SMS.

VAS spesial liburan

Program liburan juga muncul pada layanan tambahan atau value added services (VAS). XL meluncurkan XL Fun Book, XL Yahoo! Zone, dan XL LBS. Lewat XL Fun Book, pelanggan bisa berbagi momentum seru selama liburan kepada saudara atau teman.

"XL Fun Book memudahkan pelanggan meng-upload foto langsung ke Friendster atau Facebook hanya dengan mengirimkan SMS," kata Djunaedy Hermawanto, VP Marketing Product Strategy XL. Tarif layanan ini Rp 200 per upload. Pelanggan terkena tarif hanya Rp 0,01 per kilobyte (kb) untuk koneksi GPRS.

Lewat XL Yahoo!Zone, pelanggan bisa tetap mengakses Yahoo!Messenger, Yahoo!Mail, dan Yahoo!OneSearch tanpa perlu terlebih dulu mengunduh aplikasinya di ponsel. Adapun lewat fasilitas XL Location Based Services (XL LBS), pelanggan bisa mendapat informasi seputar kondisi lalu lintas, daerah rawan, serta lokasi fasilitas umum seperti ATM, bengkel, dan pos polisi.

Indosat tak mau kalah. Bagi para pengguna IM3, mereka menggembleng loyalitas pelanggan dengan menggelar IM3 Mobile Academy Class 09. Pengguna Indosat bisa mengikuti kontes untuk mengikuti aktivitas edukatif semacam workshop bersama IM3.

Pelanggan IM3 yang menggunakan Blackberry juga bisa menikmati tarif murah. Menurut Teguh Prasetya, Croup Head Brand Marketing Indosat hanya dengan berbiaya Rp 30.000 per minggu atau Rp 4.200 per hari, pelanggan Blackberry IM3 bisa bebas chatting, memperbarui status di Facebook, mengunggah, dan mengunduh foto, serta mengirim email.

Teguh mengaku program promosi liburan Indosat memang memanjakan pelanggan dari kalangan muda. Pasalnya, mayoritas pelanggan IM3 adalah kalangan pelajar. "Tren Blackberry juga sudah mewabah di anak praremaja. Proosi tarif khusus ini pasti dinantikan pelanggan kami," tandasnya.

PT Natrindo Telepon Seluler operator Axis, juga menyiapkan promosi selama masa liburan sekolah. Anita Avianty, Head of Corporate Communication Axis, bilang pelanggan bisa mengunduh game dari Gameloft dengan tarif Rp 5.000 per game. Lalu ada pula tarif berlangganan Rp 1.500 per minggu untuk mengakses Facebook lewat SMS. Di arena Jakarta Fair, Axis menawarkan bonus voucher pembelian paket Akses Axis dan harga spesial Rp 99.000 untuk ponsel Axis Hold. Tergiurkah Anda?
sumber: tekno.kompas.com

Comments :

0 komentar to “Bersaing Dagang Pulsa dengan Dalih Promo Liburan”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Sex Education